Tuesday 5 February 2013

SEMESTER 6

Mahasiswa Poliban yang berkelas di Tanjung telah memasuki semester akhir(Semester 6). Pada semester ini mahasiswa harus menyelesaikan 6 SKS terakhir yaitu 2 SKS untuk PKL dan 4 SKS untuk Tugas Akhir.

A. Pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
PKL(Praktik Kerja Lapangan) adalah kegiatan di lapangan ( di luar lingkungan kampus Politeknik negeri Banjarmasin) dalam bentuk magang yang dilakukan mahasiswa pada perusahaan atau instansi pemerintah.

B. Beban Akademik Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Beban akademik Praktik Kerja lapangan dalam takaran SKS berkisar antara 2 – 3 SKS atau minimal 80 Jam Besaran beban akademik ini diperoleh dari perhitungan dua tahap kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan sebagai berikut :

  1. Tahap Persiapan, kepada mahasiswa diwajibkan mengikuti latihan pembekalan dan mencari tempat magang sesuai dengan keahlian yang akan dikembangkan Mahasiswa 
  2. Tahap pelaksanaan, diwajibkan melaksanakan magang pada instansi yang dipilih Mahasiswa antara 2 – 3 bulan dan diwajibkan menulis laporan Praktik Kerja Lapangannya sesuai tempat penugasan masing-masing serta wajib mempertanggungjawabkan laporannya di depan sidang (seminar /Ujian) 


C. Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

  1. Memberikan bekal pengetahuan kepada Mahasiswa mengenai dunia kerja 
  2. Memberikan pengalaman kerja kepada Mahasiswa baik di instansi pemerintah maupun swasta 
  3. Untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam memenuhi kebutuhannya sendiri, serta meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi 


D. Manfaat Praktik Kerja Lapangan (PKL)

  1. Mendapatkan ide dalam penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Poliban 
  2. Mengetahui dunia kerja secara nyata, sehingga nantinya tidak canggung lagi dalam menghadapi persaingan kerja. 
  3. Bagi Poliban memperoleh umpan balik dan masukan yang dapat berguna untuk meningkatkan relevansi pendidikan dan penelitian yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dunia industri, pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. 


E. Penilaian Ujian Praktik Kerja Lapangan.
30 % penilaian bimbingan , 40 % presentasi , 30 % penilaian dari lapangan

Adapun Alur dalam PKL sebagai berikut:



Untuk penjelasan tentang PKL bisa dibaca di Buku Panduan PKL. download dari ziddu .

atau download dari google

No comments:

Post a Comment